Mudahnya Ekspor Hasil Pertanian Lewat Jasa Ekspor

Bisnis jasa sekarang sekarang ini sedang naik daun, bagaimana tidak? Orang semakin terbatas mobilitasnya dan membutuhkan jasa yang praktis yang bisa mempermudah urusan mereka. Entah hanya untuk keperluan pribadi atau keperluan perusahaannya. Dengan peluang yang terbuka lebar tersebut, kamu pasti tergiur untuk mencoba terjun ke bisnis ini. Bisnis ini merupakan bisnis jasa ekspor atau jasa kirim luar negeri.

Salah satu lahan yang selalu memanfaatkan jasa ekspor adalah mereka ekspor di sektor hasil pertanian. Karena kan lahan pertanian kita luas, tanah kita juga bisa ditanami apapun, sehingga sangat menguntungkan orang yang tinggal disini. Karena hal pertanian yang berlimpah di negeri ini maka gak heran kalau harga jualnya pun murah.

Sebenarnya ada solusi agar pertanian di Indonesia mendapatkan hasil lebih. Yaitu dengan mereka mau mengekspornya ke negara negara yang membutuhkan tanaman hasil pertanian. Kalau sudah kayak gitu, pasti para petani berpikir kalau ekspor itu susah banyak hal terkait administrasi yang mereka enggan untuk memenuhinya atau mereka malah malas dan tidak berpikir untuk memperluas ruang pasar mereka.

Proses Ekspor Dengan Jasa Kirim Luar Negeri

Untuk menjawab permasalahan tersebut, para penyedia jasa ekspor mempermudah prosesnya agar semakin banyak petani yang bersedia melalui jalur ekspor untuk memasarkan hasil pertaniannya. Nah berikut ini proses yang harus kamu tau ketika mau ekspor hasil pertanian menggunakan jasa kirim luar negeri:

1. Menyurvei Pasar Ekspor

Yang pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari referensi terkait hasil pertanian apa aja yang boleh di ekspor oleh pemerintah. Karena biasanya jika di dalam negeri produk tersebut masih dibutuhkan, biasanya akan dihalangi untuk ekspor. Namun jika di dalam negeri sudah cukup, hasil pertanianmu bisa kamu ekspor. Kamu bisa mulai cek di website produk ekspor yang diminati oleh negara luar, selain itu disitu kamu bisa cek negara tujuan ekspor dan kebutuhan mereka. Kalau bisa tunjuklah orang di timmu yang jago dalam hal riset.

2. Menyiapkan Komoditi Pertanian Yang Diekspor

Kalau yang satu ini otomatis kamu harus menyesuaikan standar yang dibutuhkan. Karena biasanya, produk ekspor membutuhkan kualitas yang jauh lebih tinggi daripada produk yang terjual di dalam negeri. Oleh karena itu kamu harus berhati hati dalam mengemasnya dan memilih produknya.

3. Pemenuhan Administrasi

Dokumen administrasi yang harus kamu siapkan itu merupakan dokumen atau data pemberitahuan barang ekspor. Dimana data tersebut berisi terkait data yang menerima barang, data pengekspor, negara ekspor yang kamu tuju, jalur pengiriman yang kamu pilih, kelengkapan data produkmu, kalau ekspor sudah diterima oleh pihak bea cukai maka akan dikeluarkan nota persetujuan ekspor, penempatan barang di media transportasinya, kamu juga perlu mengurus asuransi produk yang kamu kirim, selain itu semua kamu juga butuh mengurus pembayaran di bank yang disetujui dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jika kamu sudah mantap untuk akan melakukan ekspor karena psar yang berkembang dan menjanjikan kamu harus membangun sebuah tim yang solid. Dimana tim tersebut bisa melakukan riset pasar, kemudian mengemas produk yang akan di ekspor, dan bagian yang memenuhi berbagai data administrasi yang diperlukan. Di jaman yang canggih ini, kamu dimudahkan dengan kecepatam dalam perolehan informasi yang bisa saja melalui ponselmu.

Tinggalkan komentar