Tips Membeli Motor Bekas Agar Awet dan Tahan Lama

Memiliki kendaraan kini menjadi solusi yang menjadikan akses kemana-mana menjadi lebih mudah. Anda dapat memilih kendaraan sesuai dengan tingkat kebutuhan anda. Misalnya ketika anda membutuhkan kendaraan yang muat untuk banyak orang, anda dapat memilih mobil. Namun bagi anda yang membutuhkan akses cepat dan tidak untuk banyak orang anda tentunya memilih motor sebagai sarana transportasi.
Motor merupakan transportasi yang praktis yang memudahkan akses kemana saja. Kini banyak sekali tipe motor dengan spekulasi yang dapat sesuai dengan yang anda inginkan. Anda dapat memilih antara motor baru atau motor bekas. Dimana motor bekas sudah pasti memiliki harga yang lebih murah dibandingkan motor baru.
Sebelum anda membeli motor bekas, anda dapat memperhatikan tips berikut adalah

8 tips sebelum membeli motor bekas yang dapat anda lakukan

1. Tentukan tipe motor dan memiliki plat wilayah yang sama dengan alamat KTP anda.
Pilih motor sesuai dengan kebutuhan aktivitas anda sehari-hari agar anda nyaman menggunakannya, pastinya yang sesuai budgetmu juga. Anda juga harus memeriksa kembali platnya, jika memungkinkan, usahakan plat nomor masih satu Provinsi sehingga anda tak akan terkena biaya cabut berkas apabila ingin balik nama.

 

2. Hindari Transfer Uang DP sebelum bertemu
Salah satu situs jual beli online sangat membantu dalam mencari penjual motor bekas. Namun Hati-hati jika diminta untuk tranfer sejumlah uang sebelum anda melihat motornya. Biasanya dengan alasan agar tidak didahului orang lain.
Apabila anda memang berniat membeli motor bekas secara online, usahakan berada di jalur yang aman dan terpercaya. Jangan sesekali membeli tanpa melihat dan memeriksa kondisi motor terlebih dahulu.

 

3. Lihat kondisi motor.

Setelah anda mendapatkan sebuah motor yang sesuai kriteria yang anda inginkan, segera buat perjanjian untuk memeriksa keadaan motor tersebut. Agar jika ada apa-apa yang tidak sesuai dengan perjanjian anda dapat menemui si penjualnya lagi. Usahakan siang.

 

4. Periksa berkas Motor.
periksa kembali semua surat yang berhubungan dengan motor tersebut. Sesuaikan Nomor rangka dan juga nomor mesin yang tertulis di surat motor dan yang ada pada motor yang dijual. Hal ini akan menghindarkan anda dari hal yang tidak diinginkan, misalnya motor bekas curian.

 

5. Periksa Bodi dan Mesin Motor Wajib Detail.
Anda harus memastikan kondisi bodi motor, apa terlalu banyak goresan atau masih mulus. Selain itu periksa juga kondisi stang dan rangka motor jangan sampai miring dan bengkok, karena kondisi rangka bengkok biasanya motor bekas accident atau kecelakaan. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi oli motor, pastikan juga oli tidak kotor dan tak berlebih. Tahukah anda, bahwa oli yang berlebih dapat menutupi suara mesin yang sebenarnya sudah kasar.

 

6. Hindari terlalu percaya dengan kilometer kecil (LOW KM)
Banyak orang yang beranggapan, bahwa semakin minim kilometer yang ada pada meteran, maka semakin bagus kualitas motor, hal ini benar jika tidak ada pihak yang curang. Jika kilometer minim namun tidak sesuai keadaan motor bisa jadi speedometer tersebut telah dimanipulasi dan sebaiknya batalkan niat anda untuk mengambil motor tersebut.
Kilometer sudah pasti berbanding sejajar dengan keadaan motor saat itu. Jika anda menemukan hal yang tidak sesuai antara kilometer dengan keadaan motor, sebaiknya periksa kembali dengan teliti.

 

7. Perhatikan Kelistrikan Motor
Sebelum jadi membeli, sebaiknya periksa apakah semua panel dan juga instrument motor dapat berfungsi seperti lampu depan, belakang, sein, klakson dan fitur lainnya.

 

8. Mintalah anda test drive dulu.
Minta sama penjual agar bisa mencoba motor yang akan anda beli, perhatikan ketika mesin dinyalakan.

Apakah ada suara tak wajar. Apabila terdengar suara mendengung atau kasar, itu merupakan suatu pertanda bahwa CVT motor harus diservis.

 

Anda dapat mencoba pada Jalan tidak rata, sesuai dengan tujuan mencoba suspensi apakah dapat meredam getaran yang disebabkan oleh jalan tidak rata, meski mungkin tidak senyaman ketika motor tersebut masih baru pertamakali digunakan. Itulah 8 tips sebelum membeli motor bekas yang dapat anda lakukan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar