Mengulas Definisi dan Kegunaan Kompresor

Kompresor merupakan sebuah mesin yang seringkali kita lihat penggunaannya dipinggir jalan. Dimana kamu sering menghampiri keberadaan mesin ini untuk sekedar mengisi angin pada ban motor. Selain itu kompresor juga digunakan pada proses pengecatan dan juga coating spray untuk menghasilkan lapisan permukaan cat yang homogen. Serta pada motor listrik juga tak jarang akan kamu temui penggunaan kompresor ini.

Penggunaannya yang beragam, membuat kompresor diproduksi dengan berbagai macam tipe dan mudah di temukan di Indonesia. Misalnya saja kamu sedang di Surabaya dan membutuhkan screw compressor, kamu bisa langsung order screw compressor Surabaya yang diproduksi oleh Intidaya Dinamika Sejati. Bukan hanya screw compressor tetapi masih banyak lagi loh tipe kompresor yang diproduksi untuk memenuhi berbagai kebutuhan produksimu.

Nah sebelum lebih jauh membahas tipe-tipe yang dimiliki oleh kompresor. Kita akan memulai dengan mengulas definisi kompresor, kemudian fungsi dari mesin ini, dan juga apa saja tipe kompresor yang sudah beredar di pasaran Indonesia.

Mengulas Definisi Kompresor

Secara umum terkait kompresor, merupakan mesin yang dapat menghasilkan udara bertekanan untuk dialirkan kembali pada sebuah tempat yang dikehendaki. Untuk bisa menjalankan alat ini kamu bisa menggunakan bahan bakar berupa bensin ataupun solar dengan kualitas baik. Biasanya alat atau mesin ini berada pada sebuah line produksi guna menciptakan kondisi ruangan yang hampa udara dan sebagai indicator penting dalam proses produksi.

Berbagai Macam Kegunaan yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kompresor

Jika kita menilik pengertian sederhananya, maka kita akan membuat kesimpulan bahwa kompresor berguna untuk menciptakan ruangan yang vakum dengan jalan mengambil semua partikel gasnya. Udara yang diambil tersebut akan memasuki ruangan yang mempunyai indicator tekanan, kemudian hasilnya aka udara bertekanan akan dilirkan kembali pada ruangan yang dikehendaki. Nah berikut ini ada beberapa fungsi dari mesin kompresor yang bisa kamu rasakan dari penggunaannya.

  • Bermanfaat dalam pengisian gas dalam ban
  • Memberikan supply udara atau oksigen pada seorang penyelam
  • Mengisi tabung gas ataupun cylinder dengan udara yang bertekanan tinggi
  • Mengkontrol udara pada berbagai alat spray (air brush)
  • Menyalurkan udara bertekanan pada sebuah sistem kompleks heating controls, kemudian pada sistem ventilation bangunan, dan juga pada sebuah sistem air conditioning yang dipasang pada bangunan.
  • Bermanfaat untuk industry pelapisan atau coating, kemudian industry peralatan kesehatan, bisa juga digunakan untuk proses produksi alat elektronik dan industry lain yang membutuhkan mesin vakum.

Mengulas Tipe Kompresor di Pasaran Indonesia

Kompresor tentunya diproduksi sesuai dengan fungsi kerjanya. Sehingga wajar jika ada banyak alat kompresor dengan perbedaan fungsi, kemudian kapasitas, dan indicator pemenuhan yang berbeda. Namun secara umum kompresor bisa dibagi menjadi beberapa tipe berikut ini.

  • Kompresor sekrup atau lebih dikenal dengan screw compressor

Apabila kamu dalam line produksi memerlukan udara bertekanan yang disuplai sepanjang waktu, kemudian juga kapasitasnya juga harus besar. Kamu bisa menggunakan screw compressor loh. Selain kapasitasnya yang besar, mesin ini juga mampu mengolah udara sehingga hasilnya tidak terdapat kandungan uap air dan pada prosesnya kamu tidak akan menemukan suara mesin yang bising ataupun mengganggu (tidak ada limbah suara).

Nah jika kamu di Surabaya, screw compressor Surabaya juga akan mudah sekali kamu temukan. Apalagi di daerah industry. Selain itu jika kamu ingin mencari service screw compressor untuk perawatan lebih lanjut juga banyak sekali loh di area ini. Karena semua mesin termasuk screw compressor yang intensitas penggunaannya sepanjang waktu juga memerlukan perawatan yang lebih intens, dari mulai pembersihan hingga memastikan mesin tersebut tidak kekurangan pelumas. Hal ini tentunya akan memperpanjang umur screw compressor Surabaya yang kamu gunakan.

  • Kompresor mini

Konsep kompresor mini akan kita temukan pada mesin pengecatan yang sederhana, dimana mesin ini hanya mampu untuk mengeluarkan udara saja. Tanpa kita temukan tebung indicator tekanan yang biasa kita temukan pada screw compressor.

  • Kompresor belt driven

Aplikasi nyata dari konsep kompresor belt driven bisa kita lihat pada mesin tambal ban. Dimana cara kerjanya dengan menghubungkan antara pompa udara dan v-belt. Selain itu mesin ini juga membutuhkan supply dari motor listrik ataupun bahan bakar, sehingga mesin dapat dihidupkan.

  • Kompresor direct driven

Nah yang satu ini merupakan kompresor yang penggeraknya akan langsung disambungkan dengan pompa udara. Sehingga proses penarikan udara juga terjadi lebih cepat dan mesin pun bisa berputar dengan kecepatam maksimal 2850rpm.

Demikian ulasan singkat terkait kompresor beserta fungsi dan macam-macam tipenya. Jika kamu sudah mempunyai salah satu dari macam kompresor tersebut, dalam hal ini misalnya screw compressor Surabaya. Jangan lupa selalu merawat alat atau mesin tersebut dengan baik, caranya bisa dilakukan oleh operator secara mandiri atau lewat jasa service screw compressor professional milik Bengkel Sejati.

 

Tinggalkan komentar