Tanda Alergi Pada Anak yang Harus Bunda Ketahui

Meskipun usianya masih kecil, namun bukan tidak mungkin untuk terjadinya alergi pada anak. Selain bisa membuat si Kecil merasa tidak nyaman, gejala dari alergi juga bisa sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik dan mental si Kecil.

 

Maka dari itu, Bunda tidak boleh menyepelekan jika terjadi alergi pada si Kecil. Sesegera mungkin, Bunda cari tahu apa penyebab yang bisa membuat alergi tersebut muncul.

 

Hal yang harus Bunda ketahui tentang apa saja penyebab yang bisa memicu terjadinya alergi pada si Kecil, ini bertujuan agar Bunda bisa tahu bagaimana cara menangani dengan tepat dan mencegah terjadinya alergi tumbuh kembali.

 

Pertama kenali dulu alergi pada si Kecil

 

Pada umumnya alergi bisa terjadi pada anak ketika sistem kekebalan tubuh mengeluarkan reaksi yang berlebih terhadap suatu zat tertentu yang bisa memicu alergi atau biasa dikenal dengan nama alergen.

 

Karena zat tersebut tidak dikenali tubuh anak, maka sistem kekebalan tubuh ini akan meresponnya dengan cara menyerang alergen yang bisa menyebabkan munculnya gejala gejala pada tubuh si Kecil hingga terjadinya alergi.

 

Alergi yang terjadi pada anak sangat berbahaya dan tidak bisa Bunda sepelekan, karena alergi bisa mempengaruhi organ tubuh pada anak, seperti paru, kulit, jantung, dan saluran kencing, atau bahkan bisa mengganggu sistem pusat saraf pada otak si Kecil.

 

Penyebab terjadinya alergi pada anak

 

Karena setiap anak berbeda beda dan men intoleransi jenis makanan dan minuman yang berbeda beda juga, jadi penyebab terjadinya alergi tidak diketahui dengan pasti, namun faktor genetik dipercaya merupakan yang paling berpengaruh terhadap terjadinya alergi pada anak.

 

Jika Bunda sebagai orang tua mempunyai riwayat alergi terhadap suatu makanan atau zat tertentu, maka resiko terjadinya alergi bisa meningkat hingga 70 persen.

 

Selain faktor genetik, penyebab alergi pada umumnya terbagi menjadi dua bagian, antara lain sebagai berikut :

 

1. Makanan

 

Makanan merupakan penyebab utama alergi anak, berbeda dengan orang dewasa, dimana orang dewasa sangat jarang mengalami alergi terhadap makanan.

 

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sering memicu terjadinya alergi terhadap anak!

 

  • Telur
  • Kacang
  • Susu
  • Produk olahan
  • Seafood

 

2. Hal lain selain makanan

 

  • Kandungan zat yang ada udara, seperti bulu hewan peliharaan, serbuk sari bunga, serbuk tumbuhan, dan debu dari rumah atau jalanan.
  • Zat dari sabun juga bisa memicu terjadinya alergi, selain itu zat kimia dan zat dari logam.
  • Hewan seperti kecoa.
  • Tungau yang biasa ada di sofa atau kasur tempat tidur bahkan bisa ditemukan juga pada kapuk bantal.

 

Setelah mengetahui penyebab terjadinya alergi, Bunda juga harus tahu apa saja tanda yang muncul ketika terjadinya alergi pada si Kecil. Dengan begitu, Bunda bisa sesegera mungkin untuk menangani gejala alergi tersebut.

 

Secara umum, Bunda bisa memperhatikan beberapa hal umum berikut ini sebagai tanda jika si Kecil terkena alergi.

 

  • Timbulnya ruam merah pada kulit yang membuat anak merasa gatal.
  • Merasa kesulitan untuk bernafas.
  • Terjadinya gejala bersin atau batuk secara terus menerus, hidung yang berair dan gatal pada mata atau terjadinya mata merah.
  • Gejala perut mual juga bisa menjadi tanda jika si Kecil terkena alergi.

 

Setelah mengetahui berbagai penyebab dan tanda jika anak terkena alergi, Bunda juga harus tahu bagaimana cara menangani berbagai penyebab dan gejala tersebut. Namun paling penting hal yang harus Bunda lakukan adalah menghindarkan si Kecil dari berbagai pemicunya.

 

 

Metadesc: penyebab alergi pada anak bisa terjadi karena makanan atau adanya kandungan zat yang tidak dikenali oleh tubuh, sehingga terjadinya perlawanan dari daya tahan tubuh.

Tinggalkan komentar