Tips Perjalanan Jauh Dengan Kendaraan Pribadi Bersama Keluarga

Melakukan perjalanan jauh bukanlah hal yang asing dilakukan , tentu semua pernah melakukannya. Dan tentu agar perjalanan menjadi aman yang harus kita lakukan adalah memastikan persiapan dengan matang , baik kendaraan ataupun bekal yang bakalan kita bawa.

Ada beberapa referensi artikel tentang persiapan apa saja yang kita perlu lakukan untuk melakukan perjalanan jauh diantaranya adalah :

Periksa dan Service Kendaraan

3 hari sebelum hari H keberangkatan pastikan memeriksakan kendaraan ke bengkel, untuk mengecek apakah mobil yang akan digunakan sudah siap untuk dibawa perjalanan jauh.

Perlu sekali mengecek kendaraan sebelum berangkat agar perjalanan nanti tidak ada kendala. Ada beberapa point yang diperiksa seperti kondisi ban, oli mesin dan mesin mobil itu sendiri.

Periksa Kelengkapan Kendaraan

Setelah kondisi mobil bagus hal lain yang tidak boleh lupa untuk dipersiapkan adalah kelengkapan kendaraan mulai dari surat -surat mobil seperti STNK dan SIM, perkakas mobil seperti kunci-kunci, segitiga pengaman reflector hati-hati, dongkrak dan juga ban cadangan dan bahkan kunci mobil cadangan jika ada.

Siapkan Makanan & Minuman

Ketika bepergian persiapan makanan dan minuman selama perjalanan sangatlah penting. Karena akan meringankan perjalanan kita dan juga kita menjadi lebih hemat . Makanan yang dibawa bisa berupa makanan berat dan ringan, seperti nasi dan snack yang dapat kita nikmati dalam perjalanan.

Menyiapkan Obat-obatan

Hal yang paling perlu dipersiapkan adalah kotak p3K dan juga obat-obatan. Bukan hanya sekedar kotak P3K yang kecil dan isinya tidak lengkap ya moms, usahakan beli juga beberapa kotak kassa steril, kassa gulung, kapas steril, cairan antiseptik, termometer dan lain-lain.

Untuk obat-obatan oral biasanya saya menyiapakan obat penurun panas, obat kembung untuk anak, obat masuk angin, obat maag, obat antibiotik dan juga minyak angin.

Menyiapkan Tempat Istirahat Yang Nyaman Untuk Anak

Ketika membawa anak-anak, hal yang paling penting untuk kita jaga adalah kenyamanan mereka saat berada dalam mobil dalam waktu yang cukup lama. Pada perjalanan kemarin, saya sengaja mempersiapkan kasur mobil untuk mereka istirahat. Tidak lupa juga dengan bantal, guling dan selimut mereka. Jadi pada saat mereka lelah mereka bisa langsung tidur.

Bawa Beberapa Mainan Kesukaan Anak

Selain tempat yang nyaman untuk beristirahat saya juga tidak lupa membawa beberapa mainan anak-anak agar anak tidak merasa bosan selama dalam perjalanan. Untuk mainan-mainan ini, bunda bisa mengajak mereka untuk memilih dan memilah mainan mana saja yang ingin mereka mainkan selama diperjalanan. Masukkan mainan-mainan tersebut dalam wadah yang mudah dibuka dan letakkan pada tempat yang mudah terjangkau oleh sikecil.

Siapkan Beberapa Pakaian Ganti

Mempersiapkan beberapa pakaian ganti baik itu untuk anak maupun untuk orang tua. Ketika waktu sudah sore dan beristirahat, ada baiknya digunakan untuk mengganti semua pakaian anak. Membersihkan seluruh tubuh mereka dengan tissu basah lalu oleskan minyak angin/minyak telon agar tubuh mereka tetap hangat karena hari akan mulai beranjak malam. Pakaikan mereka baju hangat dan juga kaos kaki untuk menghindari mereka agar tidak masuk angin karena perjalanan menggunakan AC.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Jangan terlalu banyak membawa uang tunai saat perjalanan jauh, lebih baik top up beberapa e-money anda. Tips dari emak-emak, simpan kartu atm dan uang tunai secara terpisah-pisah agar saat terjadi kehilangan kamu masih memiliki uang cadangan lainnya.

Siapkan Diri dan Jangan Lupa Berdoa

Hal yang paling penting dari semua yang sudah saya sebutkan di atas adalah, Kesehatan. Jaga stamina anda sebelum hari keberangkatan agar saat berangkat kamu berada dalam kondisi prima. Terutama pak supir nih, harus benar-benar cukup istirahat. Jangan lupa berdoa baik sebelum memulai perjalanan maupun selama perjalanan. Apalagi jika kamu membawa anak kecil harus rajin berdoa jika singgah ke suatu tempat untuk beristirhat. Jangan memaksakan kondisi, jika sudah mulai terasa mengantuk sebaiknya berhenti lalu beristirhatlah sejenak di rest area.

Penutup

Itulah beberapa tips dari saya, semoga apa yang saya sharing di atas bisa bermanfaat untuk teman-teman. Terima kasih sudah berkunjung dan tetap berhati-hati dalam berkendara.

Tinggalkan komentar